Blog Jaja | Simple is Beauty

5 Tips Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan

5 Tips Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan - Kendaraan mogok, mungkin tidak sedikit dari kita yang pernah mengalaminya, selain menyusahkan kita, hal ini akan menjadi masalah besar jika terjadi mogok di waktu dan tempat yang salah dan berbahaya.
Sedikit berbagi pengatahuan tentang penyebab dan cara mengatasi mogok pada mesin motor kita.

1. Masalah bahan bakar
Pada saat berkendara Sering kita melupakan untuk melihat indikator pada bensin , mungkin karena sibuk ataupun malas terkadang kita lupa untuk mengecek indikator bensin apa kondisinya Full (penuh) atau Empty (kosong)

Pada beberapa motor yang memakai kran bensin, coba perhatikan apakah berada di posisi ON, OFF atau Ress. Bila posisi On tiba-tiba mogok, maka masih ada cadangan bensin di dalam tangki bahan bakar. segera memutar kran pada posisi Ress. Biasanya pada motor sejenis Honda Tiger, masih menyisakan 2 – 3 liter bensin. Lumayan kan untuk mencari pom bensin terdekat. Apabila kran sudah di posisi RESS tetapi mesin motor kemudian mati, bisa dipastikan bahwa sudah tidak ada lagi bahan bakar di dalam tangki. Bila bahan bakar masih ada dan mesin masih juga tidak mau hidup, ada baiknya kita periksa selang bensin yang menuju ke karburator. Sebab, seringkali alirannya tersumbat karena tangki bensin kotor.

hal ini sebenarnya dapat kita siasati dengan membiasakan mengisi bahan bakar dalam perjalan pulang, agar sebelum berangkat ke manapun entah kembali bekerja, belanja, sekolah ataupun travelling.

2. Masalah Aki
Ini pengalaman Pribadi guwe .. baru setengah perjalanan  tahu2 nih motor kagak mau di stater .. pake manual juga gak mau... ee,, ternyata aki dah soak.. indikasi.. biasanya bel klakson tak bunyi atau lemah, lampu pendek redup atau mati sama sekali..
Solusi.. mesti minta bantuan dorong dulu.. baru... greng... 

3. Masalah pengapian
Jika bahan bakar dan aki  tidak bermasalah, coba periksa sistem pengapiannya. Seringkali Busi menjadi prioritas utama penyebab mesin ngadat. Caranya, lepas busi dari rumahnya yang terdapat pada silinder head dengan menggunakan kunci busi.Bila terdapat kerak hitam pada kepala busi, itu tandanya akibat pembakaran yang kurang sempurna. Bisa juga karena setelan angin kurang pas. Cara mengatasinya, bersihkanlah kepala busi dengan ampelas halus yang memiliki kekasaran kurang lebih 400-600. Jika perlu bersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan peniti. Cek kondisi elektrikal busi dengan memasukkan kembali ke dalam kop. Lalu tempelkan busi ke body mesin sambil di stater.Lihatlah dengan seksama, apakah percikan api normal atau telalu kecil. Atau bahkan malah tidak ada. Bila percikannya terlalu kecil, cobalah ganti dengan busi cadangan. Sebelum busi dipasang kembali, buang gas bensin pada silinder head dengan cara menutup lubang busi dengan kain lalu coba di stater.Lakukan 3 sampai 4 kali stater. Pasang kembali busi pada rumahnya lalu coba hidupkan mesinnya.
sebenarnya kebutuhan mesin untuk dapat menyala hanya memerlukan 2 hal, bahan bakar (bensin) dan pengapian (listrik di busi)

untuk pemecahan masalah ini sebaiknya kita selalu membawa busi cadangan agar jika terjadi mogok pada mesin karena masalah pengapian, kita sudah siap untuk mengatasinya.

4. Masalah Kabel dan Korslet
Sebenarya hal ini Jarang sekali kasus ini terjadi dijalan akan tetapi..Ini juga Pernah guwe alami... pas saat mau belok saat tikungan di gang masuk kampung tahu2 motor ...ngadat... waduh kenapa lagi nih... setelah coba periksa sana sini.. ee ternyata ada kabel  yang lepas... 

Periksa sistem pengabelan pada motor terkadang ada yang lecet.. tidak sempurna sambunganya dan ini bisa menyebabkan korslet..

5. Masalah Pelumas (oli)
Pernah suatu saat kita temui, kehabisan oli mesin, hal ini di sebabkan rembesan oli di sekitar mesin yang lama kelamaan akan membuat oli di mesin menjadi habis, hal ini yang menjadi masalah besar karena selain membuat perjalan tidak nyaman, kantong kita pun pastinya tidak nyaman, karena untuk masalah oli yang habis ini beberapa part mesin akan mengalami kerusakan yang serius yang menharuskan untuk diganti dan pastinya tidak sedikit dana yang mungkin di butuhkan untuk menangani hal tersebut, untuk solusi masalah ini adalah pengecekan mesin rutin minimal 1 bulan sekali agar kita dapat memantau tingkat kerusakan atau kebocoran pada mesin

Sedikit tambahan tips untuk permasalahan diatas, tidak ada salahnya kita meminta nomer handphone mekanik yang biasa menservise kendaraan kita, agar jika terjadi mogok di jalan minimal kita mendapat panduan praktis cara mengatasinya, demikian sekiranya tentang 5 Tips Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dan Trik dengan judul 5 Tips Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://vinojaja.blogspot.com/2013/04/5-tips-cara-mengatasi-motor-mogok-di.html . Terima kasih!
20 april
Ditulis oleh: Vino Jaja -
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk " 5 Tips Cara Mengatasi Motor Mogok di Jalan "

Poskan Komentar